• +62 627 21001
  • Jl. Sisingamangaraja, No. 127

Profil Bupati Dairi

Image

Biografi Ringkas

Bupati Dairi periode 2009-2014, KRA Johnny Sitohang Adinegoro adalah putera dari seorang tokoh Kabupaten Dairi, yaitu Jonathan Ompu Tording Sitohang (Pj. Bupati Dairi tahun 1949), yang memulai karir politiknya dari bawah sejak tahun 1978 sebagai Pengurus Komisaris Desa GOLKAR di Desa Lae Hole, Parbuluan.

Sejak itu, karir politik KRA Johnny Sitohang Adinegoro semakin menanjak mulai dari Komisariat GOLKAR Kecamatan Parbuluan hingga menjadi Ketua Partai GOLKAR Kabupaten Dairi tahun 1998 hingga sekarang.

Di legislatif, KRA Johnny Sitohang Adinegoro mengawali karirnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Dairi tahun 1987 dan terakhir menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi sampai tahun 2004.

KRA Johnny Sitohang Adinegoro juga memiliki banyak pengalaman berorganisasi di luar organisasi politik, antara lain pernah menjadi Ketua DPC Pemuda Panca Marga Kabupaten Dairi dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Dairi.

KRA Johnny Sitohang Adinegoro juga pernah menjadi wartawan di Jakarta dan guru di Lae Hole. Perhatian terhadap dunia pendidikan dibuktikan dengan mendirikan sekolah di Lae Hole yang selanjutnya sekolah tersebut diserahkan kepada Yayasan HKBP di Lae Hole Kecamatan Parbuluan.

Pada tahun 2004, KRA Johnny Sitohang Adinegoro terpilih sebagai Wakil Bupati Dairi yang menjadi pasangan DR. M.P. Tumanggor sebagai Bupati Dairi periode 2004-2009 dan tanggal 20 April 2009, KRA Johnny Sitohang Adinegoro dilantik sebagai Bupati Dairi berpasangan dengan Irwansyah Pasi, SH sebagai Wakil Bupati periode 2009-2014 sebagai hasil pilihan rakyat secara langsung melalui Pilkada.

KRA Johnny Sitohang Adinegoro dikenal sebagai seorang yang pluralis (menghargai perbedaan), cerdas, dan bijak dalam mengatasi berbagai persoalan, sederhana dalam penampilan, memiliki rasa sosial tinggi terhadap masyarakat yang lemah dan miskin, serta lugas dalam bertindak, militan, dan berjiwa pejuang dalam pelaksanaan dan pencapaian tugas.

KRA Johnny Sitohang Adinegoro dikenal sebagai "problem solver" (pemecah masalah). Berbagai permasalahan pelik yang mungkin bagi orang lain butuh waktu yang panjang untuk pemecahannya namun dapat diselesaikannya dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Pengalaman yang luas didukung karakter yang kuat akan menjadi modal besar dalam memimpin Kabupaten Dairi menuju cita-cita yang diinginkan oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi.