Bupati Kabupaten Dairi
Wakil Bupati Kabupaten Dairi
  • Beranda
  • SKPD
  • Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa

Drs. Pasder Berutu, M.Si.

Drs. Pasder Berutu, M.Si.

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa

JL.Kartini No.1 Sidikalang. Telp: (0627) 21228
Email : bapemmas@dairikab.go.id

TUGAS POKOK
Badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik dalam bidang pembinaan kehidupan masyarakat, pengembangan potensi dan usaha ekonomi desa, administrasi desa, lembaga desa dan kelurahan, pengelolaan keuangan desa.

FUNGSI
Badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.
  2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas teknis dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.
  4. Pengelolaan urusan ketatausahaan badan.
  5. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati, sesuai tugas dan fungsinya.


VISI   
Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut kemana Instansi Pemerintah harus dibawa dan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inisiatif, serta produktif. Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan Instansi Pemerintah. Dengan bertitik tolak pada pengertian serta mengacu pada Visi Pemerintah Kabupaten Dairi, maka Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi menetapkan visi sebagai berikut : "TERCIPTANYA MASYARAKAT YANG SEJAHTERA DAN MADANI MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT". Dasar pemikiran yang terkandung dalam visi tersebut diatas diuraikan sebagai berikut :
A. MASYARAKAT SEJAHTERA adalah masyarakat yang hidup dalam lingkungan yang bebas dari ketertinggalan dibandingkan dengan masyarakat ditempat lain, hidup aman dan nyaman, serta hidup dalam suasanan kebersamaan atau kekeluargaan.

B. MASYARAKAT MADANI dapat diartikan sebagai masyarakat yang :

  1. Kreatif, karena memperoleh pendidikan dan pelatihan yang memadai.
  2. Demokratis, karena hidup dalam suasana demokratis, dengan mengutamakan musyawarah untuk mufakat.
  3. Mandiri, karena mempunyai mata pencaharian, penghasilan yang memadai serta mampu memenuhi kebutuhan dasar.
  4. Maju, karena memperoleh pendidikan dan kesehatan yang memadai.


MISI
Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan Instansi Pemerintah dan sasaran yang ingin dicapai, Pernyataan Misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukan,  dan bagaimana  melakukanya. Dengan adanya Misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengenal Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi dan mengetahui peran dan program-program serta hasil yang akan diperoleh dimasa yang akan datang. Misi Badan  Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kinerja aparatur sehingga tanggap terhadap masyarakat dan mampu memberikan pelayanan dibidang Pemberdayaan Masyarakat Desa.
  2. Meningkatkan perencanan, koordinasi dan pengawasan penyelenggaraan binaan Kehidupan Masyarakat Desa, Pengembangan Potensi dan Usaha Ekonomi Masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pembangunan Desa malalui pengembangan ekonomi dan pemanfaatan Sumber Daya Desa.
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dan semua elemen Pemerintahan Desa di dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa

 


Download Profil Lengkap : Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa