Bupati Kabupaten Dairi
Wakil Bupati Kabupaten Dairi

19 Maret 2011, 03:03

Sambutan Menteri Kelautan Dan Perikanan Fadel Muhammad Dalam Acara Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-40.

  • Sambutan Menteri Kelautan Dan Perikanan Fadel Muhammad Dalam Acara Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-40.

    Pekan Raya Sumatera Utara yang Ke-40,  secara resmi dibuka oleh Menteri Kelautan Dan Perikanan Fadel Muhammad di Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan.  Dalam awal sambutannya Bapak Menteri memberikan ucapan salam "Horas" sebagai ungkapan kegembiraan beliau dalam membuka acara yang sekali setahun ini dirayakan. Beliau juga merasa senang karena adanya seperangkat pakaian adat lengkap dipakaikan khusus oleh Pemerintah Kabupaten Dairi sebagai tuan rumah.

    Motto dari Kabupaten Dairi "Bekerja Untuk Rakyat" adalah merupakan suatu ungkapan yang sangat benar menurut Menteri. Ukuran dari keberhasilan setiap Kepala Pemerintahan adalah maju tidaknya suatu daerah  yang dipimpinnya. Apabila suatu daerah Human Development Index naik, maka pasti Bupati atau Walikotanya bisa terpilih kembali. Masalahnya bagaimana membuat Human Development Index tersebut bisa naik, kata Menteri. Dibutuhkan Motor atau Pemerintah sebagai penggerak agar tercapainya apa yang dimaksud. 
     
    Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan, PRSU telah lama dikenal di tingkat nasional, bahkan sejak ia masih menjalani profesi sebagai pengusaha. Dalam kegiatan yang telah lama dilaksanakan itu, kalangan eksekutif di Pemprov Sumut harus mampu menjadikan PRSU sebagai "show window" atau wadah untuk mempertunjukkan berbagai produk di provinsi tersebut. Untuk merealisasikan hal itu, Sumut harus mampu membuat produk unggulan yang berkualitas dan menarik minat berbagai pihak. Ia mencontohkan keberadaan Provinsi Gorontalo yang pernah dipimpinnya yang terkenal daerah penghasil jagung di tanah air. 
     
    Jika Sumut memiliki produk unggulan yang berkualitas diperkirakan minat dari investor cukup besar untuk menanamkan investasinya di daerah itu. Jika hal itu yang terjadi, diyakini tingkat perekonomian di Sumut akan semakin baik dan mampu meraih angka minimal 6%  sebagaimana diharapkan pemerintah pusat.   
     
    Selain itu, dengan keberadaan berbagai produk unggulan dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut, PRSU diyakini akan lebih semarak dan diminati berbagai kalangan. "Kalau bisa, PRSU harus mampu mengalahkan PRJ (Pekan Raya Jakarta)," kata  Fadel Muhammad. 
     
    Setelah kata sambutan, Menteri dengan simbolis menekan tombol sirine tanda Pekan Raya Sumatera Utara Ke-40 resmi dibuka.