Bupati Kabupaten Dairi
Wakil Bupati Kabupaten Dairi

26 September 2012, 12:10

Sosialisasi Kearsipan Untuk Tersedianya Arsip Yang Autentik Dan Terpercaya

  • Sosialisasi Kearsipan Untuk Tersedianya Arsip Yang Autentik Dan Terpercaya

    Sosialisasi kearsipan dilaksanakan untuk tersedianya arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah di unit pengelola, maksudnya bahwa penyelenggaraan kearsipan harus dapat menjamin arsip sebagai rekaman kegiatan atau peristiwa yang dapat disediakan atau disajikan dalam kondisi autentik dan tepercaya, sehingga dapat berfungsi sebagai alat bukti yang sah, maupun dapat menjadi sumber informasi pada masa yang akan datang.

    Demikian disampaikan  Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Sekretariat Daerah kabupaten Dairi, Amister Lumban Gaol, BE, saat membuka Sosialisasi Kearsipan di Gedung Aula Pusdipra Jalan Empat Lima No.24 E Sidikalang, Selasa (25/9).

    Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menyelenggarakan Sosialisasi Kearsipan, terlihat disambut gembira seluruh PNS, terutama mereka yang mengikuti sosialisasi tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi kabupaten Dairi  dinilai memiliki implikasi positif bagi pembangunan Kabupaten Dairi yang menetapkan motto pembangunan Bekerja Untuk Rakyat, dengan implikasinya bahwa sebagai aparatur pemerintah harus tampil sebagai pelayan bukan untuk dilayani.

    Kantor perpustakaan, arsip dan dokumentasi Kabupaten Dairi sebagai salah satu lembaga teknis daerah sesuai dengan peraturan daerah kabupaten dairi nomor 06 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja lembaga teknis daerah kabupaten Dairi menjalankan amanat peraturan perundang-undangan menjalanka tugas pokok dan fungsinya.

    Disebutkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.06 Tahun 2008 bahwa perpustakaan dan kearsipan merupakan unsur urusan wajib pemerintah yang senantiasa melakukan perbaikan dan mengamankan, menyimpan, memelihara, melestarikandan menyelamatkan arsip yang masih bernilai guna. “Oleh karena itu Arsip Daerah Kabupaten Dairi dikelola dan diselamatkan oleh unit pengelola dan lembaga kearsipan Kabupaten Dairi yang memiliki fungsi, tugas dan tanggung jawab di bidang pengelolaan arsip, baik arsip dinamis, arsip aktif, arsip inaktif dan arsip statis,” lanjut Bupati.

    Sebelumnya, dalam laporan Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi kabupaten Dairi, Erika Hasugian menyampaikan, kegiatan itu diikuti 50 orang peserta dari seluruh SKPD di jajaran pemerintah Kabupaten Dairi dan unsur luar SKPD jajaran Pemkab Dairi diantaranya staf pada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dairi. Menghadirkan Nara sumber dua orang dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara Medan.

    “Materi dalam sosialisasi kali ini antara lain UU Nomor 43 tahun 2009 tentangKearsipan, PeraturanPemerintah Nomor: 28 Tahun 2012 tentang Kearsipan dan PengelolaanArsip  Statis Daerah KabupatenDairi,” kata Erika.

    Bupati Dairi menekankan, bahwa dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan,  diamanatkan untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat, serta mendinamiskan sistem kearsipan, diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan sebagaimana dibutuhkan oleh suatu sistem penyelenggaraan kearsipan nasional yang handal.

    Sementara Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara, diwakili kasubbid Pengelolaan Arsip, Herli Selbi Simanjuntak, SE. M.Si menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi kearsipan di daerah, dapat senantiasa melakukan pembinaan, termasuk sarana dan prasarana untuk menunjang pengelolaan arsip daerah yang dapat dibutuhkan sebagai sumber informasi yang autentik dan terpercaya di masa yang akan datang.  (DesHot)